Manfaat musik jazz

Bermacam-macam genre musik yang mungkin sudah akrab di telinga kita, apalagi bagi insan pecinta musik. Saya salah satu orang yang menggemari musik. Hentah kenapa saya tidak bisa lepas dari dunia musik, walaupun dunia kedokteran juga merupakan passion terbesar saya. Hadirnya musik yang menemani aktivitas kita, akan memberikan kenyamanan dan semangat dalam menjalani tugas sehari-hari yang cukup berat atau mungkin membosankan.

Genre musik yang saya kenal antara lain : pop, jazz, rock, RnB, hip hop, classical, jazz, folk, akustik, blues dll. Masing – masing orang memiliki kesenangan sendiri terhadap genre musik yang menjadi pilihannya. Saya menyukai pop dan RnB. Tetapi, entah kenapa jazz menjadi genre musik favorit saya. Mungkin karena melodinya yang menawan.

Menilik kepada sejarah genre musik jazz, ternyata genre musik jazz ini berasal dari Amerika Serikat sekitar tahun 1868 dengan akar mendasar dari musik Afrika dan Eropa. Jazz ini hadir dari perpaduan beberapa genre musik antara lain blues dan ragtime. Sementara itu, genre musik Jazz hadir di Indonesia pada tahun 30-an berkat musisi-musisi yang berasal dari Filipina.

Jika musik klasik sangat berpengaruh terhadap perkembangan kecerdasan otak, musik Jazz juga berpengaruh terhadap perkembangan saraf – saraf otak. Musik jazz hadir dengan ritme yang teratur, genre musik jazz sangat berperan dalam proses pematangan hemisfer otak kanan, walaupun dapat berpengaruh juga pada hemisfer sebelah kiri, oleh karena adanya cross-over (dari kanan ke kiri dan juga sebaliknya). Efek atau suasana perasaan dan emosi baik persepsi, ekspresi, maupun kesadaran pengalaman emosional, secara predominan diperantarai oleh hemisfer otak kanan. Artinya, hemisfer ini memainkan peran besar dalam proses perkembangan emosi, yang sangat penting bagi perkembangan sifat-sifat manusia yang manusiawi.

Musik yang ber-genre jazz, dapat memberikan suasana nyaman dan membantu kita untuk dapat mengintrepretasikan perasaan, serta berekspresi dengan alunan musik jazz yang indah. Jadi, tidak hanya musik klasik yang berpengaruh terhadap perkembangan kecerdasaan otak, musik jazz juga berperan dalam perkembangan kecerdasan emosional yang diperantarai oleh hemisfer otak kanan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s